Home » » Eksperimen bikin kabel VGA (perpanjangan)

Eksperimen bikin kabel VGA (perpanjangan)

Written By mbah latif on Rabu, 13 Januari 2010 | 08.21

Sebelumnya saya sudah posting tentang eksperimen vga splitter, yaitu perangkat yang dapat membagi sinyal vga output ke dua layar monitor atau ke LCD monitor. Kali ini saya sajikan eksperimen untuk bikin kabelny
a, yaitu kabel perpanjangan yg digunakan untuk menyambung LCD proyektor yg digantung di langit-langit ke output vga splitternya atau ke vga conector pada laptop. Tanpa kabel ini tentunya akan sulit karena jaraknya panjang antara posisi laptop yg ada di bawah dengan LCD proyektor yang tergantung di langit-langit. Perlu diketahui eksperimen kali ini juga hasil dari googling....thanks to mbah google hehehehe.....

gambar 1. VGA kabel buatan pabrik

Oke, gak perlu penjelasan yang terlalu panjang lebar...(kalo terlalu panjang kasian ibu-ibu....kalo terlalu lebar kasian bapak-bapak...hehehehe... )...langsung saja sediakan komponen berikut ini :

1. Kabel LAN (CAT5e) yaitu kabel yg biasa dipake buat nyambung jaringan LAN. saya pake kabel LAN yang ada shieldingnya yaitu yg berpelindung dgn bungkus aluminium foil yang ada kabel ground-nya. sebetulnya pake kabel LAN biasa juga bisa...namun asumsi saya pake kabel shielding akan lebih baik karena groundingnya cukup baik. Gunakan sepanjang 15 meter saja jgn terlalu panjang. Soalnya semakin panjang sinyal semakin lemah. Ntar gambarnya jadi kurang baik...hehehehe...

2. 2 biji VGA konektor 15 pin male (lanangan) . ini adalah konektor yg biasa digunakan untuk output VGA bentuknya seperti huruf D yg terdiri dari 15 pin. Adapun no pin bisa dilihat pada bodi konektor tersebut. Saya beli dari toko elektronik, kalo di solo belinya di toko ORIENTAL(bukan promosi cuman kasih info saja...) di tempat lain saya kurang tau heheheh.,...

3. rumah konektor 2 biji..

Sedangkan peralatan yg dipake antara lain solder dengan timahnya, gunting, tang buat ngupas n motong kabel. Nah itu saja yg diperlukan....

Nah berikut ini skema kabel dan pin yg harus disambung beserta warna kabelnya biar lebih enak nyoldernya :

pin 1 ---> orange
pin 2 ---> hijau
pin 3 ---> biru
pin 4 ---> gak dipake
pin 5 ---> gak dipake
pin 6 ---> putih-orange
pin 7 ---> putih hijau
pin 8 ---> putih biru
pin 9 ---> gak dipake
pin 10 ---> gak dipake
pin 11 ---> gak dipake
pin 13 ---> coklat
pin 14 ---> putih coklat
pin 15 ---> gak dipake




Nah itu kabel sesuai dengan warna solderkan pada masing-masing konektor sesuai dengan nomor pin sesuai dengan keterangan di atas. Solder kedua VGA konektor pada masing-masing ujung kabel. Setelah itu solder kawat shielding (yaitu kawat yg nempel dengan pembungkus foil aluminiumnya) dengan besi bodi konektor. Kalau pake kabel LAN biasa yg tidak ada shieldingnya ya ga usah disolder. cuman gitu aja....jangan lupa pasang rumah konektor dan baut dengan kencang.

Saat nyolder perlu hati2 karena jarak pin yg cukup rapat Sebaiknya solder dulu pada pin bagian tengah yaitu deretan pin 6, 7 dan 8 baru diikuti pin pada barisan pinggir yaitu pin 1, 2, 3....dan pin 13, 14. Gunakan solder yg ujungnya lancip biar gak nempel ke mana-mana. AWAS JG SAMPE SOLDERAN ANTAR PIN BERSINGGUNGAN ATAU NEMPEL...pokoknya hati2 aja dan pelan-pelan nyoldernya....Kalo perlu cek dengan multitester dan pastikan solderan benar dan tidak saling nempel satu sama lain.

Dah cuman gitu aja silakan dicoba.Hasilnya lumayan dibanding dengan beli yg sudah jadi sekitar 300 rb,kalo bikin sendiri gak nyampe 150rb...

Salam eksperimen....


Share this article :

55 komentar:

  1. Harus dicoba nih.
    Tadinya sih rencana mau beli kabel yang 5 meter.
    thanks infonya ...

    please visit :
    http://ozonesdw.blogspot.com
    http://pisigem.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ane Coba ya gan, Tutorial yang menarik.

    kebetulan Kabel VGA ane rusak,

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. ada pengaruh ngak sih gan dengan kualitas gambar yang di tampilkan ????

    BalasHapus
  4. mengenai kwalitas gambar dalam eksperimen saya tetap baik. gak tau kalo kabelnya semakin panjang. saya pake 12 meter kabel UTP BELDEN...

    BalasHapus
  5. Bos saya dah coba ganti kabel vga pake UTP, tapi ada kendala Gambar di Layar bergetar, itu akibat apa ya? kabel atau Proyektornya bermasalah?

    BalasHapus
  6. @mas nasma :

    waduh gimana jawabnya ya...soalnya blm pernah ngalami begitu. terus terang saya baru buat 2 kali baik2 saja, sementara ada teman juga yg bikin juga gak masalah sejauh ini...

    jadi maaf kalo jawabannya hanya kemungkinan 2 alias coba2 :

    coba dikonekan ke monitor dulu sampe di monitor gambar muncul. amati getar apa gak...kalo gak getar maka coba baru dihubungkan ke projector.
    lalu bandingkan...!

    tapi kalo baru disambung monitor masih getar ya berarti masih ada masalah pada kabel atau solderan.

    masalah kabel UTP belden memang banyak macem dan harganya...yg saya pake kabel Belden yang (katanya asli) yg harganya 4500/meter sekarang.

    mungkin sementara hanya itu yg bisa jawab. barangkali nanti ada temuan baru insya Allah akan saya share di blog ini

    TERIMAKASIH..

    BalasHapus
  7. @mas nasma :

    waduh gimana jawabnya ya...soalnya blm pernah ngalami begitu. terus terang saya baru buat 2 kali baik2 saja, sementara ada teman juga yg bikin juga gak masalah sejauh ini...

    jadi maaf kalo jawabannya hanya kemungkinan 2 alias coba2 :

    coba dikonekan ke monitor dulu sampe di monitor gambar muncul. amati getar apa gak...kalo gak getar maka coba baru dihubungkan ke projector.
    lalu bandingkan...!

    tapi kalo baru disambung monitor masih getar ya berarti masih ada masalah pada kabel atau solderan.

    masalah kabel UTP belden memang banyak macem dan harganya...yg saya pake kabel Belden yang (katanya asli) yg harganya 4500/meter sekarang.

    mungkin sementara hanya itu yg bisa jawab. barangkali nanti ada temuan baru insya Allah akan saya share di blog ini

    TERIMAKASIH..

    BalasHapus
  8. mas saya minta no telfonnya dung saya mau bertanya tentang bagian bagian dari setiap konektor db-15 dengan db 9
    kirin ke email saya ya mas aanjakaprasetiyo@GMAIL.COM
    saya minta tolong mas trimakasih

    BalasHapus
  9. mas saya mohon penjelasan setiap bagian bagian dari pin
    db 9 dengan db 15

    BalasHapus
  10. kalo db 9 setau saya buat serial bukan monitor, kecuali buat komputer sangat jadul yg menggunkan monitor EGA (CMIIW)

    sedangkan pin-pin db15 adalah sbb :
    1 RED
    2 GREEN
    3 BLUE
    4 ID 2
    5 G
    6 G
    7 G
    8 G
    9 G
    10 G
    11 ID 0
    12 ID 1
    13 HSYNC
    14 VSYNC
    15 -

    BalasHapus
  11. thx gan, misi berhasil :D
    info yg sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  12. kalo buat LCD Proyektor yang sederhana ato mungkin tanpa kabel biar tanpa listrikpun tetep bisa nyala. Bisa ngak ya???gmn caranya pak???

    BalasHapus
  13. @husniaty :

    maaf blm pernah coba, tapi setau saya lcd projector pasti butuh listrik besar terutama lampunya yg bisa makan strum beberapa ratus watt

    BalasHapus
  14. koq ndk mau nyala ya?
    tulisannya input not support
    Pin 1-15 itu dilihat dr posisi nyolder kan?
    krn d body connectornya jg ada tulisannya.
    kabel saya belden cat 5e jg n saya bt 10m

    BalasHapus
  15. @Lucky :
    sekilas kayaknya ada kesalahan solderan, coba cek lagi aja. emang kudu hati2 mengingat pin solderan yg pendek melawan kabel UTP yg kaku.

    pin terdiri dari 3 baris. mulailah dari yang baris tengah nyoldernya...

    Cek ...n Recek terus...

    tulisan pin ada pada dalam konektor 1 - 15 memang sangat kecil. jadi mohon lebih diperhatikan..

    BalasHapus
  16. thx info nya gan sangat berguna.
    kunjungi juga : http://www.ide-terbaru.blogspot.com/

    ide-terbaru.blospot.com

    BalasHapus
  17. sedikit tanya nih gan....
    saya sudah bikin kabelnya...sukses tapi klo di pake di LCD Proyektor dan dishare (dapat dilihat diLaptop dan diProyektor) yang kelihatan hanya di Laptopnya saja, tetapi kalau saya ubah modenya ke LCD Proyektor saja....gambar mau muncul....

    ada solusinya ga gan untuk masalah ane (ane pingin biar bisa tampil diLaptop and diLCD Proyektornya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekilas dan sepengetahuan saya itu harus di setel pengaturan display pada laptopnya. display pada laptop bisa disetel utk layar laptop saja atau layar tambahan, atau dua-duanya

      Hapus
  18. Ide bagus tuh bikinnya pake kabel belden, kabel jadi terlihat ramping dan mudah di gulung.

    BalasHapus
  19. gan kalau dijual gmna gan... Kabel buatan sendirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf...sampe detik ini blm ada niat menjual...sekadar berbagi pengalaman aja. makanya saya tulis disini biar pada tau kekurangannya dan suatu saat ada yg menyempurnakan...makasih telah berkunjung...

      Hapus
  20. mbah, kalau dibuat percabangan gimana caranya mbah,
    sudah dibuat percabangan dari cpu menjadi 2 jalur, ingin hati bisa koneksikan ke LCD dan kemonitor, jadi nggak perlu bolak balik dari cpu ke lcd dan dari output lcd ke monitor.

    masalahnya, konektor 1 mau tampil dan monitor ke 2 tidak mau muncul
    atas pencerahannya diucapkan terima kasih

    salam
    jafin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok...mumpung lagi ol habis posting bisa saya jawab sekalian...

      untuk dapat dicabang dua monitor atau lebih membutuhkan perangkat vga splitter. beli jadi dah banyak di toko komputer dengan harga yang terjangkau. ada yang untuk 2 cabang bahkan sampe 5 cabang. memang dulu saya pernah bikin secara sederhana menggunakan transistor dan sudah pernah saya posting di blog ini. tapi sekarang mungkin lebih efesien beli jadi karena sudah semakin murah harganya.

      terimakasih telah mampir...

      Hapus
  21. mksh banget gan , w cb y

    BalasHapus
  22. ijin save di Blog saya ya mbah... teman saya lagi butuh info ini, makasih bagi-bagi ilmunya

    BalasHapus
  23. pak mau tanya, apa bisa pc cluster buat game online?

    BalasHapus
  24. pak bagaimana solusinya kalau komputer 4 pake cpu 1, tapi kok yang konek cuma 1 atau 3 komputer saja pak?

    BalasHapus
  25. pak saya buka warnet sudah 7 bulan dan punya rencana mau nambah komputer client, apa bisa 1 cpu dipakai buat 4 monitor

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 cpu 4 monitor bisa
      pake vga ati radeon
      bisa sampe 6 monitor

      Hapus
  26. pak saya mau meng-cluster komputer rumah saya, terus pake software apaan pak?

    BalasHapus
  27. Mohon bantuan saya Pengen buat 1 Cpu bisa jadi 2, 3, 4 Atau 5 Monitor dengan tampilan tiap monitor beda-beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 cpu 4 monitor bisa
      pake vga ati radeon
      bisa sampe 6 monitor
      tiap monitor bisa beda tampilannya
      ato 6 monitor bisa jadi 1 tampilan saja

      Hapus
  28. bantu upgrade pak,saya juga pengen tau yang trik kayak gini

    BalasHapus
  29. kalau tidak salah saya pernah dengar EYEFINITY nama alatnya untuk membagi monitor
    ada out 2,4 sampai 6

    BalasHapus
  30. kira-kira berapa dana yang diperlukan buat multiscreen ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. vga ati radeon hd6870 harga 2 jutaan
      info call aja 085255515626
      saya mungkin bisa bantu
      saya bukan penjual, hanya sekedar membantu

      Hapus
  31. hahahha.....BACKLINK GRATIS DI SINI....wkwkwkwk

    BalasHapus
  32. wah boleh juga nih pak, kira-kira saya bisa tidak ya?

    BalasHapus
  33. Mbah......
    aku pernah coba buat kabel VGA dengan menggunakan kabel LAN
    dan aku coba buat percabangan, hasilnya baik tapi mbah ada sedikit kekurangan
    aku buat cabangan dari cpu ke monitor dan terminal swicth menggunakan barrel, diteruskan ke LCD Proyektor. Kekuranganya adalah pencahayaan turun kurang lebih sampai 20%. (seperti kurang tegangan, baik LCD Pro dan monitor menjadi redup)

    mohon pencerahanya mbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya untuk percabangan dibutuhkan rangkaian splitter baik yg pasif maupun aktif...saya belum nyoba yg pasif yang pernah saya coba dulu splitter vga aktif skema ada di blog saya juga ....makasih kunjungannya...

      Hapus
  34. mas gan ... sy punya lcd laptop bekas , kayaknya masih bagus sy ingin pasangin vga di lembaran lcd itu bisa gak ya ? makasih masgan salam .. !

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk nyambung lcd laptop ke vga ada perangkat modul namanya lvds. tapi agak sulit nyarinya dan harga (kalo ada) skitar 350rb.kalo tidak kanibal dari bekas monitor lcd...cuma dilihat dulu kesesuaiannya...CMIIW

      Hapus
  35. ====LANJUT====
    ====RABU 05 FEBRUARI 2014===
    =======================
    AI = 27
    AK = 0127
    yang serin kalah dalam bermain togel
    ingin merasakan kemenangan 4d
    klik aja webs yang di bawah ini

    http://prediksionerangkajitu.blogspot.com/

    malam ini saya menang lagi 4d yaitu
    (6788) sudah 4x putaran berturut-turut
    saya menang ini bukan rekayasa

    BalasHapus
  36. mbah bro aq cba pke kabel biasa bwt elektronik bkn kbel UTP kualitas mnurun mbah gmn mbah kurang groud atw gmn, mohon pencerahan...
    matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan...
      sebenarnya kabel UTP aja kurang bagus groundnya tapi masih mendingan. apalagi kalo bukan merk Belden asli...
      saya pake Belden asli saja paling panjang 8 meter. lebih dari itu gambar keliatan shadow.

      Namun pake kabel UTP masih lebih baik daripada kabel biasa, karena kabel UTP menggunakan susunan kabel yang dipilin (twisted) sehingga memperbaiki grounding lebih baik daripadi pada kabel biasa yang gak dipilin...

      Jadi solusi menurut saya, kalo buat sambungan panjang lebih baik beli kabel VGA yang memang khusus buat VGA, tapi kalo kurang dari 8 meter masih bisa pake kabel UTP Belden

      Catatan :
      Kabel yng buat VGA memang kagel khusus di mana ada beberapa kabel (kalo gak salah buat R G B H dan V yang secera tersendiri sudah ada shieldingnya...CMIIW

      Hapus
    2. kalo cara benerin pakek kabel yang aslinya gmana ya soal nya kabel bawaan nya kan isi di dalem ny beda warnanya sama isi kabel lan
      tolong di bantu yah

      Hapus
    3. aku mau benerin kabel vga yang kabelnya warna hitam yang asli bawaan pabrik cuma mau ganti konektornya aja tapi kurang paham karna warna isi kabelnya beda sama isi kabel lan kan
      kalo itu bisa di jelaska gak
      kalo pakek kabel lan aku udah praktik n sukses tapi buat yang ini sangat membingungkan

      Hapus
    4. untuk kabel vga yg dari monitor memang agak beda...ada fungsi pin lain dan kabelnya juga lebih kompleks..tapi saya pernah bikin sambungan kabel vga monitor dengan prinsip di atas dimana yg saya gunakan hanya 8 pin seperti di atas..CMIIW

      Hapus
  37. klo gambarnya jadi ada bayangannya itu knp ya gan? mohon penjelasan

    BalasHapus
  38. ada nga vga to hdmi skema nya mohon bantuanya

    BalasHapus

Monggo berkomentar....

Mbah Latif Chatroll


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.
HARGA EMAS DUNIA

Untuk menghitung harga emas dalam rupiah klik di sini

Popular Posts

Top Stories

Total Pageviews

Stop Press

blog mbah latif

Social Icons

Blog Archive

Komentar Baru

About Me

Foto Saya
mbah latif
Belajar segalanya..sebisanya....sampai akhir dunia
Lihat profil lengkapku

SAHABAT BLOGGER

Featured Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.mbahlatif.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger