Home » » TEKNISI JUGA MANUSIA

TEKNISI JUGA MANUSIA

Written By mbah latif on Rabu, 06 Februari 2013 | 05.23

 
Sebagai teknisi komputer tentu sering melakukan  analisis dan troubleshooting. Aktifitas itu membutuhkan ketelitian tinggi untuk kemudian menentukan solusi yang diterapkan agar system kembali kerja normal. Namun kebiasaan berpikiran kritis tersebut tidak menjamin akan selalu berhasil dalam setiap tindakannya. Terkadang masalah-masalah yang sangat sepele bisa saja luput dari perhatiannya. Berikut ini beberapa kejadian yang timbul akibat masalah-masalah sepele yang luput dari perhatian seorang teknisi sehingga melahirkan cerita konyol dan menggelikan.
 
Yang pertama adalah pengalaman Bang Andik, seorang teknisi computer sekaligus teknisi henpon yang sudah pengalaman. Suatu ketika dia diminta menyervis PC yang tidak dapat mengeluarkan suara. Setelah proses troubleshooting ternyata masalahnya ada pada soundcard onboardnya. Maka solusinya adalah menambah sound card eksternal pada slot PCI yang masih kosong. Dengan menambah soundcard eksternal tersebut maka konsekwensinya adalah mendisable soundcard onboard melalui setting BIOS agar tak terjadi konflik.  

“Dah beres, tinggal install driver aja dan pekerjaan selesai” kata batinnya. Namun saat dinyalakan, ternyata tetap saja terjadi troble. Soundcard onboardnya tak mau didisable. Maka dia pikir mungkin system windowsnya yang error karena terjadi corrupt file dan lain-lain. Dan tanpa pikir panjang lagi langsung dia install ulang systemnya. Meski agak sedikit memakan waktu tapi tak terlalu panjang mikir trobleshootingnya. Namun setelah diinstal ulang ternyata problem belum terselesaikan. Suara belum juga bisa keluar dan masih tetap muncul pesan error pada system. Pikirannya mulai pusing, lelah sekaligus penasaran.
 
“Oooo …alaaah…alah ! ternyata baterai cmosnya yang habis….pantesan setiap di-disable soundcardnya kembali enable lagi….tiwas tak install ulang…!” Teriaknya saat pikirannya segar kembali.
 
Cerita berikutnya malah lebih konyol lagi. Seorang teknisi sekaligus tukang eksperimen sejati. Sebut saja namanya RAFI AHMAD. Dia diminta meng-upgrade CPU dari pentium IV menjadi core 2 duo oleh seorang kustomer. Setelah deal langsung saja dia meluncur ke outlet penjual spare part komputer langganannya yang berjarak sekitar 12 KM ! Setelah semua pheriperal terbeli dia langsung pulang ke tempat kerjanya dan langsung dirakit pesanan pelanggannya itu.
 
Namun kenyataan tak seindah bayangannya. Ternyata komputer rakitannya tak hidup seperti harapannya. Power nyala, kipas CPU nyala, namun di layar monitor tak muncul tampilan apa-apa.  Dengan penasaran dia teliti semuanya untuk memastikan tidak ada yang salah dengan perangkat yang dia beli. Hampir 3 jam dia oprek dengan seksama, namun tak membuahkan hasil. Akhirnya diputuskan untuk retur barang yang dibelinya. Dia pikir mungkin maiboardnya cacat seperti pengalaman sebelumnya. Bukan hanya barang yang barusan dibelinya yang dibawa, tapi 1 unit cpu lengkap dengan casingnya dibawa semua untuk meyakinkan penjual kalau mainboardnya mati. Walaupun merasa berat dan membuang waktu karena harus bersepeda motor sejauh 12 km balik lagi ke toko itu.
 
“Loh ….mas,  ini bisa hidup normal kok !” kata pelayan toko setelah mencobanya.
 
“Weh,…tadi di rumah gak bisa, layarnya gelap gak muncul apa-apa ” jawab Rafi Ahmad heran.
 
“Lha tadi sampeyan dah nancepin kabel ini belum pas nyobanya ?” Pelayan itu balik bertanya sambil menunjukan kabel power ATX powernya.
 
“WAAAAAAH ......BLAAIIK......!. ternyata aku yang lupa masang kabel ATX yang 4 kabel…pantesan gak mau nyala ?” Jawab Rafi sambil menahan malu dan pamit pulang.
Share this article :

4 komentar:

  1. Raffi ahmad yg suka janda itu ya

    BalasHapus
  2. lumayan jadi peran utama walau nama disamarkan.lain kali tolong nope pemeran dcantumkan ya gan biar banyak order.
    Uyeach.... ('_")/.

    BalasHapus

Monggo berkomentar....

Mbah Latif Chatroll


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.
HARGA EMAS DUNIA

Untuk menghitung harga emas dalam rupiah klik di sini

Popular Posts

Top Stories

Total Pageviews

Stop Press

blog mbah latif

Social Icons

Blog Archive

Komentar Baru

About Me

Foto Saya
mbah latif
Belajar segalanya..sebisanya....sampai akhir dunia
Lihat profil lengkapku

SAHABAT BLOGGER

Featured Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.mbahlatif.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger